BEBERAPA LARANGAN MENGENAI ALIS Sebagian besar wanita masa kini akan panik dan merasa tidak percaya diri dengan tampilan polos tanpa alis buatan

BEBERAPA LARANGAN MENGENAI ALIS
Sebagian besar wanita masa kini akan panik dan merasa tidak percaya diri dengan tampilan polos tanpa alis buatan. Hmm, apakah Islam membolehkan wanita mengukir alisnya, dan merapikan alisnya? Coba kita cari tahu dalam uraian berikut ini.
Tidak semua upaya mempercantik wajah, dibolehkan secara syariat. Karena ada beberapa cara mempercantik diri, yang dulu menjadi adat masyarakat jahiliyah, kemudian dilarang oleh islam. Diantaranya adalah an-Namsh (mencabut bulu yang ada di wajah).
.
Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan,
“Allah melaknat orang yang mentato dan yang minta ditato. Allah pula melaknat orang yang mencabut rambut wajah dan yang meminta dicabut.” (HR. Muslim no. 2125)
Al-Mutanamishah adalah para wanita yang minta dicukur bulu di wajahnya. Sedangkan wanita yang menjadi tukang cukurnya namanya an-Namishah. (Syarh Muslim An-Nawawi, 14/106). Mencukur alis atau menipiskannya, baik dilakukan oleh wanita yang belum menikah atau sudah menikah, dengan alasan mempercantik diri untuk suami atau lainnya tetap diharamkan, sekalipun disetujui oleh suaminya.
Karena yang demikian termasuk merubah penciptaan Allah yang telah menciptakannya dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Dan telah datang ancaman yang keras serta laknat bagi pelakunya. Ini menunjukkan bahwa perbuatan tersebut adalah HARAM.(Syaikh Abdullah bin Jibrin, Fatawa Islamiyah : (3/200). Dar Al Qalam Beirut, 1408 H.)
.
Adapun bila bulu alisnya terlalu panjang melebihi keadaan normal, atau ada beberapa helai yang tidak rata sehingga sangat mengganggu bagi diri wanita, maka memotongnya atau meratakannya dibolehkan oleh sebagian ulama, seperti Imam Ahmad dan Hasan Al Bashri. Imam An Nawawi, Al Majmu’ : (1:349)
.
Semoga Bermanfaat.
Sumber:
konsultasisyariah
Saya lebih suka apa adanya.....
Apa lagi hanya cuma di pajang di medsos hanya untuk menarik simpati orang lain...masyaallah semogga gk trjadi lagi sama diri sndri..
01/07/2020

Tinggalkan Balasan

Tên của bạn *
Email *
Cảm nhận *

Artikel berkaitan