Dalam hadits dari Aisyah disebutkan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda

Dalam hadits dari ‘Aisyah disebutkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
.
“Barangsiapa suka berjumpa dengan Allah, Allah juga mencintai perjumpaan dengannya. Sebaliknya barangsiapa membenci perjumpaan dengan Allah, Allah juga membenci perjumpaan dengannya.” Kontan ‘Aisyah berkata, “Apakah yang dimaksud benci akan kematian, wahai Nabi Allah? Tentu kami semua takut akan kematian.” Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam– lantas bersabda, “Bukan begitu maksudnya. Namun maksud yang benar, seorang mukmin jika diberi kabar gembira dengan rahmat, keridhoan serta surga-Nya, ia suka bertemu Allah, maka Allah pun suka berjumpa dengan-Nya. Sedangkan orang kafir, jika diberi kabar dengan siksa dan murka Allah, ia pun khawatir berjumpa dengan Allah, lantas Allah pun tidak suka berjumpa dengan-Nya.”
.
(HR. Muslim no. 2685).
.
Para ulama menggolongkan takut akan kematian menjadi dua macam:
1- Takut yang tidak tercela, yaitu takut mati yang sifatnya tabi’at yang setiap orang memilikinya.
2- Takut yang tercela, yaitu takut mati yang menunjukkan tanda lemahnya iman. Takut seperti ini muncul karena terlalu cinta pada dunia dan tertipu dengan gemerlapnya dunia sehingga banyak memuaskan diri dengan kelezatan dan kesenangan tersebut.
.
Inilah yang disebutkan dalam hadits dengan penyakit wahn, yaitu cinta dunia dan takut mati
.
.
#salaf #manhajsalaf #ustadzsyafiqrizabasalamah #ustadzsyafiqbasalamah #ustadzsunnah #salafi #hijrah #yukhijrah #pemudahijrah #sunnah #dakwahsunnah #ustadzyazidbinabdulqadirjawas #ustadznuzuldzikri #ustadzahmadzainuddin #muslim #ustadzfirandaandirja #ustadzabdulhakimbinamirabdat #ustadzmaududiabdullah #ustadzbadrusalam #nasehat #dakwahislam #salafy #dakwah #wanita #ustadzkhalidbasalamah #muslimah #islam #dakwahsalaf #muhasabahdiri #muhasabah #dakwah
28/10/2020

Tinggalkan Balasan

Tên của bạn *
Email *
Cảm nhận *